Cerita anak kampung magang ke jakarta :) wkwkwk

Hallo Leute!
Tanggal 12 Mei 2017 lalu aku sama teman-temanku sampai di Jakarta. dalam rangka apa? tentu saja magang. suatu kewajiban bagi mahasiswa semester 6/7 di kampusku. jadi ini adalah sepenggal kisah anak kabupaten yang magang ke jakarta, simak ceritanya baik-baik :)

dari yang paling kiri itu Ken, Hana, Clo, dan akuuu
Jadi kita ke Jakarta naik pesawat, kita berangkat ke bandara Abdurrahman Saleh, itu pukul 11. Terus Kita Check in pukul 12.20an. Di bandara Kita sempet nunggu pesawatnya agak Lama. Ini adalah First flight buat aku, tapi rasanya b-aja gak takut... menyenangkan karena ditemani Claudia yang baik Hati, Ken yang sabar, dan Hana yang pintar :) I love my parter wkwkwk...

Jadi kita duduk sederet Ken, Hana, Clo ada di kursi yang buat duduk bertiga, sedangkan aku di seberang sebelahnya Clo, aku duduk sebelah stranger guy. Selama pesawatnya Take Off rasanya agak Horror yaa soalnya kyk gak mulus gitu jalannya, tapi alhamdulilah lancar tanpa kendala. stranger guy yang duduk disebelahku cool banget brooo....

Setelah sampai di bandara Sukarno Hatta, Hana langsung pesen Taxi di Grab. Cepet banget.... Kita langsung nemu Taxi nya dan cuss ke kosan. Kita Kos di jalan pejambon 5. Dalam perjalanan Clo di Telefon sama pihak kemlu, mereka memastikan apa Kita uda sampai di Jakarta, menurutku mereka tuh Care banget deh ama Kita.

Pas uda sampai di Kos, Kita langsung istirahat sambil buka koper masing². Trus malemnya kita cari makan di depan Gang pejambon. Btw disana banyak Orang jualan makanan sama warung² kecil gitu, semacam jalan ambarawa lah Kalo di malang. Jadi disini tu emang seperti kawasan kosan gitu. makanan di sekitar situ jujur kalo boleh komen, amet sewu lek... sebenernya ga ada yang enak. rasanya aneh, bumbunya beda gak kaya di malang yang sangat enak dan murahhh hehehe... itulah kenapa saya dan teman-teman lebih memilih cari makan ke KFC karena di KFC ayamnya enak dan rasanya sama kayak di malang. emang nih lidah orang kampung hahaha...

Setelah puas makan Kita ber4 jalan jalan sebentar di sekitar Kos. Kita mampir ke stasiun Gambir, jadi di stasiun gambir ini banyak tempat makan dan mesin ATM buat tarik tunai, makanya aku dan temen2 sering main ke sini. terus kita jalan-jalan lewat samping monas, terus balik lagi ke kosan, intinya adalah jalan-jalan malem sekalian kenalan sama lingkungan baru. Gak kerasa Kita udah keliling selama 2jam.

Keesokan harinya kita ber-4 sepakat untuk belajar masak bareng karena lidah kita ga cocok sama makanan di sekitar kos. dan pada akhirnya kita ber-4 selalu merencanakan kebutuhan masak-memasak secara bersama-sama. hal yang paling aku kangenin pas lagi ngekos bareng mereka adalah pas masak bareng, itu tuh asik banget bisa sambil rumpi cerita-cerita. hahaha

Sorenya aku dijemput saudaraku Frans dan diajak main ke rumah saudaraku yang tinggal di Jakarta Timur. seneng banget punya saudara yang bisa selalu bantu aku pas aku lagi kesusahan merantau di ibu kota hahaha.... apasih swat. Aku mampir ke rumah Bude La sama Bulek Lika, sama Paklek Bali juga :) saudaraku di sana baik-baik banget, ngajakin aku main keliling jakarta, trus juga bantu menuhin alat rumah tangga yang ga sempet kebawa. bersyukur banget punya saudara sebaik mereka:)

Keesokan harinya adalah hari pertama magang. daan lucunya kita ber4 ke kantor pake almamater kampus gitu, wkwkwk norak. karena belum tau aturan berpakainan di kantor gimana, kita pilih jalan aman dengan memakai almamater hahaha sumpah kalo inget malu sendiri.

Pertama datang kita di briefing singkat dari kasubdit IV namanya Pak Taufiq, bapaknya buaiiiik banget sabar, pengertian dan mukanya mirip menteri pendidikan Pak Muhajir hehehe. lalu kenalan sama Pak Gama, bapaknya ganteng buaiiik ramah selalu ceria. Kenalan sama Pak Ivan juga bapaknya baik, ramah dan smart, tapi lucu dan humoris juga hehhe. hari pertama dapet tugas yang lumayan ruwet dan menantang, tapi alhamdulilah terselesaikan dengan baik.

Sepulang ngantor biasanya aku sama temen-temen main ke Atrium nyari KFC atau sekedar nge-mall, kadang langsung ke kos dan masak trus di kamar kos nonton filem bareng.

Waktu itu Presiden Lithuania mengadakan kunjungan ke Indo dan Direktorat eropa 2 lagi sibuk-sibuknya ngurusin kunjungan itu, tugas kita juga banyak, kadang kalo ga selesai hari itu juga kita selesaiin di kosan sambil bagi tugas ke yg lain intinya saling membantu :)

Tanggal 17 Mei waktu itu Pak ivan ultah jadi para pegawai direktorat eropa 1-3 ngasi kejutan gitu ke pak iva rame banget deh kantor kalo ada yang ulang tahun. hal yang paling aku sukai saat magang di kemlu adalah ketika aku dapet tugas bikin infografis negara eropa itu asik menurutku karena berhubungan dengan pengetahuan umum suatu negara di eropa dan berhubungan dengan desain grafis. aku suka edit-mengedit jadi anteng banget kalo dapet tugas ini.

Sering juga dapet tugas menghandle surat rahasia dari negara di Eropa, itu yang bikin deg-deg an karena itu dokumen rahasia, jadi urusannya dengan negara kalo ada kebocoran. oiya waktu itu juga ada kunjungan dari negara Swedia, jadi kita sempet bantuin ngurus MoU antara Indonesia dan Swedia yang nantinya akan ditandatangani oleh masing masing mentri luar negeri.

Pas Weekend aku sama temen2 main keliling jakarta. hari itu kita ber4 main ke Museum Nasional. di sana waktu itu pas lagi ada demo buku kalo gak salah trus rame banget karena ada pertunjukan gamelan. oiya tiket masuk di Museum Nasional ini murah banget cuma 5000 rupiah aja. disana kita bisa lihat koleksi-koleksi barang antik pada jaman penjajahan belanda. banyak turis asing yang datang ke museum ini bahkan yang bermain musik gamelan juga orang bule.

Setelah itu kita cuss ke Mall Taman Anggrek, disana kita ketemu sama temennya Hana. dan yang paling aku suka dari taman anggrek ini adalah arena Ice Skating-nya yang gueeeeddeee banget. sayangnya waktu itu ga sempet nyobain karena diburu waktu. deketnya taman anggrek itu ada Soho Podomoro City Central Park, nah pas kita mampir ke mall ini temenku clo secara random dipilih ikut lomba ngehias toping kopi. dan dia dapet boneka + voucer belanja ke H&M kalo ga salah aku lupa. setelah itu kita lanjut cari makan, aku nyobain Kkuldak di Soho, dan itu enak bgt.... me love it. kita ngobrol-ngobrol ama temennya Hana di Wendys sampe malem.

Setelah itu aku ama tmn2 mampir ke Sepora Central Park, sumpah ini adalah surganya make up buat para wanita lengkap buangeeet cyyynnn jadi pengen kesana lagi, dulu pas kesana aku masih nub buta make up, skarang uda paham make up dikit sih. setelah itu nganter temenku belanja ke H&M karena capek jalan seharian aku nungguin mereka di bangku depan H&M disana aku diajak kenalan ama koko ganteng wkwkw tiba2 dia nyamperin aku terus cerita2 ngajak kenalan, katanya dia juga gabut nungguin temennya sama kyk aku wkwkwk ahirnya kita cerita2 dan folow2 an di IG.

Sepulang dari mall aku ketemuan sama bang halil waktu itu calon suami mbak upi yang sekarang sudah jadi suaminya mbak upi mbak upi nitip kado buat bang halil dan enaknya aku dibawain roti J.Co asiik me love it!

Keesokan harinya kita ber-4 main ke Kota Tua. tempat pertama yang kita kunjungi adalah Museum Bank Indonesia. di museum ini kita bisa tau sejarah perkembangan Mata uang di Indonesia. hemmm kalo tuan Crab main ke sini pasti seneng tuh (Mr. Crab yang di Spongebob Squarepant). Setelah lelah berkeliling museum kita jalan-jalan ke kota Tua. karena waktu itu kita ke sana pas hari minggu, jadi disana ruameeeee banget. Kita mampir ke Museum Fatahilah dan menurutku isinya sangat mengecewakan. Jalan-jalan di Kota Tua itu melelahkan karena waktu itu cuaca pas lagi panas banget dan suasananya rame, jadi capek.

Keesokan harinya Ken sakit gara2 kecape-an pas jalan2 kemarin, jadi dia ga masuk. hari itu aku dapet tugas dari pak Gama bikin Nota Dinas penyampaian naskah asli kerja sama RI-Lithuania dan RI-Swedia. gara-gara insiden bikin nota dinas jadi makin dekat ama pak Gama. tapi ternyata bikin nota dinas itu ga gampang yaa, sama kaya bikin skripsi, revisiii mulu. Pulang ngantor kita main ke Gambir. itu adalah pertama kalinya aku naik Bajai, asik sih yang nyupir kyk ugal-ugalan gitu. ke gambir cari makan di CFC ama DD.

Keesokan harinya libur karena kenaikan isa al masih. mami-nya Hana datang ke kosan bawa makanan banyak banget. Sorenya kita main ke Atrium belanja baju banyak banget buat ngantor. dan waktu lagi asik milih baju tiba-tiba orang pada lari-lari sambil teriak-teriak keluar gedung. ada yang bilang di mall lagi ada bom. hemmm aku langsung lari keluar ama Clo, dan baju yang masih aku pilih reflek aku bawa sampe keluar gedung wkwkwkwk nunggu lamaa banget diluar gedung eh ternyata bukan bom, tapi ada konsleting listrik, duhhh bikin panik aja orang-orang tadi. aku sampe malu ama penjaga toko yang bajunya reflek aku bawa keluar. dan ahirnya aku beli juga baju itu wkwkwk.

Setelah dari Atrium kita balik ke kosan makan Ketoprak di beliin ibunya Hana. selanjutnya naik Grab ke Monas. karena antrian masuk ke puncak monas panjang kita ga sampe ke puncak, jadi cuma main-main di sekitar monas sambil naik kereta gratis yang khusus muter di daerah monas. kita berhenti di cafetaria di monas dan istirahat sambil minum es degan. aku beli beberapa oleh2 khas jakarta buat temen-temen di kampung wkwkwkw.

Keesokan harinya hana ga masuk ngantor karena harus nganter ibunya pulang ke Bandung. hari itu aku dapet tugas bikin artikel buat koran sindo tentang hotel Aria di Budapest dan data tentang Kolonel Magyar. dan yang keren adalah ternyata kolonel magyar itu dulunya anak ISI (Institut Seni Indonesia) dan dia dapet beasiswa dari Kemlu, jadi tiap ruangan di hotel Aria di Budapest itu ada genre musik yang beda-beda gaes, mulai dari musik klasik, jazz, dramamusical, dll.

Sepulang ngantor aku prepare buat terawih pertama di masjid istiqlal. aku sendirian nge-Grab ke masjid istiqlal karena tmn2 pada malas terawih. kesan pertamaku saat masuk ke masjid istiqlal adalah waww gedeeee. masjidnya gede banget dan jamaah-nya rame banget. btw ruang wudhu nya juauuuh banget. oiya aku pikir tarawihnya bakal lama karena surat yang dibaca panjang kyk di masjid baiturrahman depan rumahku, eh ternyata sebentar bro sholatnya, ceramahnya yang lama. di dalem rame banyak artis, banyak media yang lagi ngeliput berita karena waktu itu hari pertama puasa.

Sahur pertama bersama Clo, Hana, Ken di kosan. setelah sahur aku jalan-jalan pagi ke stasiun gambir tarik uang sambil ngerasain suasana jakarta di pagi hari. kalo pagi jalanan itu sepiiii banget, tapi kalo uda agak siang hemmmm maceeeeeet bro. hari itu aku beli kartu Transjakarta harganya 40ribu dan isinya 30 ribu. aku beli kartu ini soalnya aku bakalan sering main ke rumah saudaraku di Jakarta Timur. siangnya, aku untuk pertama kalinya naik Transjakarta dengan tujuan Kampung Rambutan, dari Gambir hanya dengan bekal peta transjakarta dari buku agenda yang aku beli di toko siswa deket Gajahmada malang wkwkwk. sebenarnya agenda inilah yang memotivasi aku buat bisa magang di kementerian luar negeri dan tinggal di jakarta wkwkwk karena isinya komplit.

Pertama-tama aku tanya ke petugas busway-nya dia bilang aku harus transit di juanda, tapiii menurut aplikasi di hp yg aku download aku harus transit di PGC. tanpa pikir panjang aku langsung naik Transjakarta tujuan PGC, krn menurut aplikasi begitu. entah kenapa waktu itu aku lebih percaya aplikasi daripada petugas busway wkwkw. kesan pertama naik bus Transjakarta menurutku bis-nya uda kaya di drama korea yang biasa aku tonton. karena bus kyk gitu ga ada di malang apalagi di kepanjen hehehe. jadi di dalam bus Transjakarta itu tempat duduknya dipisah antara cowo-cewe dan orang yang berkebutuhan khusus atau cacat. salute ama bus ini standart-nya uda kyk di eropa, macem berlin lah, cuman ga ada mesin tiket kyk di bus jerman. alhamdulilah aku ga nyasar yaa sampai di PGC aku transit ke PGC2 jadi aku harus bayar lagi pakai kartu Transjakarta. Sesampainya di Halte Kampung Rambutan aku dijemput ama saudaraku Frans.

Menjelang buka puasa aku diajakin main ke Taman Mini ama Frans. karena waktu itu lagi sepi jadi aku masuk ke taman mini gratis :) aku sempet mampir ke taman anak-anak sama rumah adat dari sumatra. aku buka puasa di rumah bulek lika sekeluarga dan sholat tarawih di masjid bareng Frans.

Siangnya aku pulang naik Transjakarta berhenti di halte Gambir 1 terus langsung ke stasiun Gambir buat beli tiket pulang ke malang naik kereta waktu itu aku kepiiingin banget naik kereta karena belum pernah naik kereta wkwkwk. Keesokan harinya kita ber4 seharian di rumah dan malemnya main ke Atrium buat buka puasa di Burger King, pas mau pulang kecantol buat belanja baju lagi hahaha.

Hari ke sepuluh magang, pagi itu cuacanya mendung dan hujan hari itu ada 4orang anak magang baru dari UI, namanya Jessica, Dito, Dinda, dan Monika. hari itu ada berita duka, pak gama meninggal dunia karena serangan jantung. Seruangan kantor berduka atas kepergian pak gama, suasana kantor jadi sepi karena biasanya pak gama mondar-mandir lewat depan meja kerjaku sambil telfon ngomong pake bahasa inggris. tapi hari itu kantor jadi sepi, mbak dini mukanya sembab karena terlihat habis nangis, pak aji juga cuma bisa ngelihatin ruangan pak gama yang kosong. Pas tiba waktu sholat duhur entah kenapa setelah sholat aku nangis karena kepergian pak gama, pak gama itu orangnya baik, padahal minggu kemarin masih sehat dan ceriaa, tapi pergi secara tiba-tiba. semoga pak gama tenang di alam sana. amin.

keesokan harinya aku dapat tugas bikin summarry kasus penipuan saham tanah kelapa sawit orang Polandia. dan khasus ini berhubungan dengan ilmu hukum aku langsung tanya-tanya ke temenku yang anak fakultas hukum dan dibantuin :) thanks lho ndro.
Oiya disebelah mejaku ada anak magang dari UI namanya Jessica dia orangnya baik ramah asik. sering tanya-tanya seputar tempat asik di jakarta ke dia. jadi akrab sama Jessica, Dito, Dinda sama Monika karena sering makan bareng di kantin Kemlu.